Renungan 8 Sifat Kepemimpinan Menurut Hindu Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Infohindujakarta - Astra Brata adalah delapan sifat kepemimpinan menurut Hindu ajaran ini diberikan Sri Rama kepada Wibhisana saat menyerahkan kerajaan Alangka setelah kematian Rahwana  Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Pustaka Suci Manu Smrti IX.303 berikut ini Hendaknya raja berbuat seperti perilaku yang sama dengan dewa-dewa, Indra, Surya, Wayu, Yama, Waruna, Candra, Agni dan Prthiwi (Pudja dan Sudharta, 2002: 607). yaitu :
Patih Gajah Mada Menerapkan Asta Brata Dalam Kepemimpinn

  1. Indra Brata : Serang pemimpin hendaknya seperti hujan yaitu senantiasa mengusahakan kemakmuran bagi rakyatnya dan dalam setiap tindakannya membawa kesejukan dan penuh kewibawaan.
  2. Yama Brata : Seorang pemimpin hendaknya meneladani sifat-sifat Dewa Yama yaitu berani menegakan keadian menurut Hukum atau Peraturan yang berlaku demi mengayomi masyarakat tanpa pandang bulu.
  3. Surya Brata : Seorang pemimpinhendaknya memiliki sifat-sifat seperti Matahari (surya) yang mampu memberikan semnagt dan kekuatan pada kehidupan yang penuh dinamika dan sebagai sumber energi dn menyinari tanpa pandang bentuk.
  4. Candra Brata : Seorang pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat seperti bulan yiu mampu memberikan penerangan bagi rakyatnya yang berada dalam kegelapan/kebodohan dengan menampilkan wajah yang penuh kesejukan dan penuh simpati sehingga masyarakatnya merasa tentram dan hidup nyaman.
  5. Vayu Brata : Seorang pemimpin hendaknya ibarat angin (maruta), senantiasa berada ditengah-tengah masyaraatnya, memberikan kesegaran dan selalu turun kebawah untuk mengenal denyut kehidupan masyarakat yang dipimpinnya.
  6. Bhumi Brata :  Seorang pemimpin hendaknya memiliki sifat-sifat utamadari bumi yaitu yang teguh, menjadi landasan berpijak dan memberi segala yang dimiliki untuk kesejahteraan masyarakat.
  7. Varuna Brata : Seorang pemimpin hendaknya bersifat seperti samudra yaitu memiliki wawasan yang luas, mampu mengatasi setiap gejolak dengan baik, penuh kearifan dan kebijaksannan.
  8. Agnin Brata : Seorang pemimpin hendaknya memiliki sifat mulia dari api yaitu mmitivasi dan berpartisipasi dalam pembangunan, tetap teguh dan tegak dalam prinsip dan menindak/menghanguskan yang bersalah tanpa pilih kasih.

           Seandainya hal-hal yang baik diatas bisa kita tiru dan kita terapkan didalam kehidupan kita sehari-hari dalam komunitas majemuk, dengan saling aktif bertukar informasi positive yang membangun, dengan saling bertukar visi (Vision), saling mengarahkan (direction), saling mempengaruhi/mendorong kreativitas (persuasion), saling mendukung (support), saling membangun (development), serta saling menghargai (appreciation) seperti tertuang dalam six dimension of High Performance Leadership Program dan ASTA BRATA, saya yakin kita semua bisa sama-sama mencapai tujuan bersama yaitu menuju tangga kemajuan, dan membuat hidup ini menjadi lebih bermakna, tidak hanya buat diri kita sendiri tapi juga keberadaan kita bermanfaat buat orang lain.

0 komentar:

Mohon Memberikan Saran Maupun Pesan Untuk Muda Mudi Pakar, Agar Kedepan Menjadi Suatu Organisasi Selalu Soladaritas Dan Bersatu