Muda Mudi Pakar Melestariakan Tradisi Ngelawar dan Megibungan, di Pura Parayangan Jagat Guru BSD City

infojakarta--Megibung merupakan tradisi yang dimiliki oleh warga Karangasem, yang daerah terletak di ujung timur Pulau Dewata, Bali, Indonesia. Megibung berasal dari kata gibung yang diberi awalan me-. Gibung artinya kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang, yakni saling berbagi antara satu orang dengan yang lainnya. 


Megibungan Muda Mudi Pakar (MMP)
Ada yang menarik yang dilakukan oleh Muda Mudi Pakar Jabodetabek pada hari sabtu (8/12/2018), dengan melaksanakan ngelawar yang digelar di Pura Parayangan Jagat Guru BSD Cty, dengan melestarikan tradisi yang turun temurun dari tanak kelahiran karangasem.

Sebelum Megibungan MMP
Seperti yang di jelaskan oleh Penasehat Muda Mudi Pakar Gede Astawa, mengatakan ngelawar merupakan ciri khas kabupaten karangasem, di sinilah kebanggan anak perantauan karangasem, saling guyub menyame braye dan gotongroyong.

Tidak cuma ngelawar saja dilakukan oleh muda mudi pakar, ada yang menghias panggung/Dekorasi dengan cara memanfaatkan alam sekitar Pura Parayangan Jagat Guru BSD City, begitu antusianya muda mudi pakar, tanpa ada kata capek mereka melaksanakan  dengan tulus iklas dan penuh dengan kebebanggan.

Proses Megibungan MMP
Kemudian malam sudah berganti pukul 06.30 semua Muda Mudi Pakar dan Pakar menyiapkan makanan untuk megibung dan membuat lingkaran dengan 8 orang dalam satu hidangan makanan, tanpa ada melihat perbedaan, dengan lahapnya dan canda tawanya kebahagian mereka seperti berada dikampung karangasem.

Tim ngelawar Karangasem MMP
Seperti kata Ketua Umum I Gusti Ayu Ima  mengatakan Organisasi ini lahir bukan semata-mata untuk perbedaan antara yang lain tetapi guyub dalam satu wadah organisasi. agar menjadi hal lebih baikckedepanya, selalu mempertahankan apa yang sudah di berikan nasehat oleh Yayasan Pakat dan Pakar, karena Muda Mudi Pakar akan menjadi sebuah Organisasi penerus Pakar selanjutnya disinilah dipupuk kerjasamnya dan terus menjaga Soladaritas dan Bersatu, begitulah yang diungkapkan oleh Ketua Umum Muda Mudi Pakar Kepada info Jakarta. (Made)


0 komentar:

Mohon Memberikan Saran Maupun Pesan Untuk Muda Mudi Pakar, Agar Kedepan Menjadi Suatu Organisasi Selalu Soladaritas Dan Bersatu