Unik Tradisi "Neruna" Desa Adat Geriana Kangin, Karangasem Bali

          Semua desa mengikuti tradisi "Neruna" di Desa Adat Geriana Kangin, Duda Utara, Selat, Karangasem KARANGASEM - Masyarakat Desa Adat Geriana Kangin, Desa Duda Utara Kecamatan Selat Kabupaten Karangasem masih meneruskan tradisi turun temurun yang dikenal sebagai "Neruna" yang salah satu tujuannya ajang mengenalkan diri antara pemuda dan pemudi desa.

Tradisi "Neruna" (www.Suara.com)

        Tradisi "Neruna" bermakna sebagai bentuk memperkenalkan lingkungan atau wewidangan Desa Adat kepada para pemuda Desa. Sebab, para pemuda desa inilah yang nantinya akan mewarisi tradisi para leluhur adat.

         Konon, tidak hanya untuk memperkenalkan wilayah Desa, menurut cerita, neruna dijadikan ajang silaturahmi apabila di satu rumah terdapat seorang gadis. Lewat tradisi ini maka itu bisa dijadikan momentum perkenalan teruna teruni mengingat keterbatasan sarana komunikasi pada masa itu.

       Sesuai namanya, Tradisi "Neruna" ini hanya diikuti remaja laki laki Desa Adat setempat. Ini salah satu rangkaian dari piodalan tahunan yaitu Aci Ngusaba Goreng di Pura Peseh Desa Adat Geriana Kangin.

Sumber : Suara.com

0 komentar:

Mohon Memberikan Saran Maupun Pesan Untuk Muda Mudi Pakar, Agar Kedepan Menjadi Suatu Organisasi Selalu Soladaritas Dan Bersatu